Motivasi Belajar

Advertisement

Motivasi Belajar

kata “motif” atau pengertian motivasi disimpulkan sebagai daya usaha yang mendorong seseorang untuk lakukan suatu hal. motif bisa dikatakan sebagai daya penggerak dari dalam subjek untuk beraktivitas-aktivitas spesifik untuk meraih satu tujuan. apalagi motif bisa disimpulkan sebagai satu situasi intern( kesiap-siagaan ). berawal dari kata ” motif” itu, maka motivasi bisa disimpulkan sebagai daya penggerak yang sudah aktif. motif jadi aktif pada waktu-saat spesifik, terlebih apabila diperlukan untuk mmencapai tujuan amat dirasakan /mendesak 

Motivasi Belajar

Adapun menurut mc. donald, Teori Motivasi yaitu pergantian daya dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya feeling serta di dahului dengan respon pada ada tujuan. dari pengertian yang dikemukakan oleh mc. donald ini memiliki kandungan tiga elemen/ciri pokok dalam motivasi itu, yaitu motivasi itu memulainya berlangsungnya pergantian daya, ditandai karenanya ada feeling, serta dirangsang dikarenakan ada tujuan. 

tetapi pada intinya bahwa Motivasi Belajar merupakan situasi psikologis yang mendorong seseorang untuk lakukan suatu hal. dalam aktivitas belajar, motivasi bisa dikatakan sebagai total daya penggerak didalam diri siswa yang menyebabkan, menanggung kelangsungan serta berikan arah aktivitas belajar, hingga diinginkan tujuan bisa terwujud. dalam aktivitas belajar, motivasi amat dibutuhkan, karena seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam belajar, tak lagi barangkali beraktivitas belajar. 

sebagian factor dibawah ini sedikit banyak berikan penjelasan kenapa berlangsung perbedaaan Kata Motivasi Belajar pada diri tiap-tiap orang, maslow membagi keperluan jadi lima tingkat diantaranya : 

perbedaan fisiologis ( physiological needs ), layaknya rasa lapar, haus, serta hasrat seksual 
perbedaan rasa aman ( safety needs ), baik dengan mental, fisik, serta intelektual 
perbedaan kasih sayang atau afeksi ( love needs ) yang diterimanya 
perbedaan harga diri ( self esteem needs ).perumpamaannya prestise mempunyai mobil dan sebagainya. 
perbedaan aktualisasi diri ( self actualization ), tersedianya peluang untuk seseorang untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya hingga beralih jadi kekuatan nyata. 

pakar lain mc. cleland berpendapat bahwa tiap-tiap orang mempunyai keperluan yang mendasar yakni : 

1 kebutuhan dapat kekuasaan : keperluan kekuasaan terwujud dalam hasrat merubah orang lain. sebagai ilustrasi : seorang siswa kelas dua smp mengajak rekan – temannya berkemah. bila beberapa rekan jadi setuju, ia jadi suka, bila ada yang membantah, ia berusaha supaya rekan tersebut menyetujuinya. 

2. kebutuhan untuk berafiliasi : keperluan berafiliasi tercermin dengan terwujudnya bersahabat dengan orang lain. sebagai ilustrasi : seorang siswa mengumpulkan teman bermain tenis meja, tanpa membedakan asal usul, keperluan berprestasi terwujud dalam kesuksesan lakukan tugas yang di bebankan. 

3. kebutuhan berprestasi  sebagai ilustrasi : seorang siswa memimpin untuk memenangkan permainan bola voli menghadapi sekolah, siswa tersebut juga turut lomba baca puisi serta memenangkan. 


Pentingnya motivasi belajar 
penelitian psikologi banyak membuahkan teori – teori motivasi prilaku, subyek terteliti dalam motivasi ada yang berbentuk hewan serta ada yang berbentuk manusia. peneliti yang menggunakan hewan yaitu tergolong peneliti biologis serta behaviorisme. peneliti yang menggunakan terteliti manusia yaitu peneliti kognitif. temuan pakar – pakar tersebut berguna untuk bidang industri, tenaga kerja, urusan pemasaran, rekruiting militer, konsultasi serta pendidikan. beberapa pakar berpendapat bahwa motivasi prilaku manusia datang dari kemampuan mental umum, insting, dorongan, keperluan, sistem kognitif, serta hubungan. 

prilaku yang penting untuk manusia yaitu belajar serta bekerja, belajar menyebabkan pergantian mental pada diri siswa. bekerja membuahkan suatu hal yang berguna untuk diri pelaku serta orang lain. motivasi belajar serta bekerja merupakan penggerak kemajuan masyarakat. ke-2 motivasi tersebut butuh dimiliki oleh siswa sltpdan slta. namun guru sltp serta slta dituntut memperkuat motivasi siwa sltpdan slta.


Advertisement
Motivasi Belajar | Unknown | 5

0 komentar:

Posting Komentar